Berbagi Informasi Tentang dunia Blog, Ilmu Bahasa, Olah Raga, Entertainment, Kehidupan dan Lain-Lain Sebagainya.

NASEHAT ALI BIN ABI THALIB

NASEHAT ALI BIN ABI THALIB


KEBUTUHAN

  1. Janganlah enkau berdoa kepada Allah agar Dia menjadikanmu tidak butuh kepada manusia. Sebab, kebutuhan-kebutuhan manusia saling berkaitan satu sama lainnya, seperti berhubungannya anggota-anggota badan. Maka, kapan seseorang tidal membutuhkan tangannya atau kakiya? Akan tetapi, berdoalah kepada Allah agar Dia menjadikanmu tidak butuh kepada orang-orang jahat diantara mereka.
  2. Janganlah engkau meminta kebutuhanmu kepada orang  yang bukan ahlinya (yang kikir atau yang pasti tidak akan memberimu), dan janganlah engkau meminta yang bukan pada waktunya (yang tepat). Dan  jangan pula engkau meminta sesuatu yang engkau tidak berhak menerimanya, yang karenanya engkau pasti tidak akan diberinya.
  3. Janganlah engkau menangguhkan pemberian kepada orang yang membutuhkan sampai keesokan harinya. Sebab, engkau tidak tahu apa yang akan terjadi pada keesokan hari.
  4. Janganlah engkau meminta bantuan dalam hal kebutuhanmu kepada orang yang lebih layak menerima bantuan dari padamu.
  5. Carilah segala kebutuhanmu dengan menjaga harga diri karena sesungguhnya "tangan" Allah lah yang memenuhinya.
  6. Jika engkau ingin dipatuhi (dipenuhi permintaanmu), maka mintalah yang (sekiranya) mungkin dipenuhi.
  7. Kelembutan dalam kebutuhan lebih bermanfaat dari pada perantaraan (koneksi).
  8. Putus asa dengan baik, lebih baik daripada meminta kepada manusia.
  9. Barang siapa yang mengeluhkan kebuhannya kepada seseorang Mukmin, maka seakan-akan dia mengeluhkannya kepada Allah; dan barang siapa yang mengeluhkannya kepada seorang kafir, maka seakan-akan dia mengeluhkan Allah (kepadanya).
  10. Janganlah kalian meminta untuk memenuhi kebutuhan kalian kepada tiga macam manusia. (Pertama), kepada seorang pendusta karena sesungguhnya dia akan mendekatkannya, padahal ia jauh. (Kedua) kepada orang bodoh karena sesungguhnya dia ingin memberikan manfaat kepadamu, namun dia justru merugikanmu. (Ketiga), kepada seorang yang dia sendiri memiliki kebutuhan kepada orang yang hendak engkau mintai untuk memeunuhi kebutuhanmu. sebab, dia akan menjadikan kebutuhanmu sebagai tameng bagi kebutuhannya sendiri.
  11. Pemenuhan kebutuhan hanya dapat dicapai dengan tiga hal: menganggapnya kecil agar mendapat hasil yang besar, merahasiakannya agar ia dapat terwujud, dan menggerakaknnya agar menjadi mudah mencapainya.
  12. Barang siapa yang berharap sekadar keperluannya, niscaya dia akan mendapatkan kebutuhannya.
  13. Terlewatnya kebutuhan lebih ringan bagi seseorang dari pada dia harus memintanya kepada orang yang tidak tepat (untuk dimintainya).
  14. Janganlah sekali-kali engkau meminta kebutuhan kepada seseorang diwaktu malam karena sesungguhnya malu terletak dikedua mata.
Demikian NASEHAT ALI BIN ABI THALIB...
semoga bermanfaat..
terima kasih...



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 19.12 and have 1 komentar

1 komentar:

  1. Pada intinya mengeluhkan dengan manusia tidak baik iya gan,,,thanks gan untuk infonya sangat bermanfaat!!!

    BalasHapus