Berbagi Informasi Tentang dunia Blog, Ilmu Bahasa, Olah Raga, Entertainment, Kehidupan dan Lain-Lain Sebagainya.

Training for Trainers

Training for Trainers

PENGANTAR  [Ruhaniyah Seorang Da’i]

Iman, ikhlas, sabar dan optimisme adalah sifat-sifat fundamental dalam mencetak jiwa seorang da’i dalam persiapannya membekali diri dengan bekal dakwah. Sifat-sifat ini hanya dapat dimiliki oleh mu’min yang telah merasakan nikmatnya iman, menyatukan diri dengan Islam dan terus melangkah menuju tujuannya.
Dengan adanya faktor “Ruhiyah” ini, da’i bisa menghirup nafas keimanan dan menambah bekal ketaqwaan. Disana jiwa anda akan memantulkan pancaran rohani. Anda akan menjadi seorang yang sholeh, seorang insane yang penuh keikhlasan, bahkan tatkala anda melanjutkan perjalanan dakwah ini, langkah anda terasa lebih ringan, kata-kata akan berpengaruh, tingkah laku akan menjadi tauladan, penampilan menjadi penuh daya tarik, serta sorotan mata anda akan memancarkan semangat dan optimisme.
Manakala seorang da’i tidak memiliki sifat-sifat rohani yang lengkap; maka hidupnya akan hampa dari nilai, wibawa dan pengaruh. Ia akan terperangkap dalam sifat ujub, nifaqdan riya’. Ia akan berdakwah untuk dirinya, bukan untuk Allah. Dari sinilah timbulnya penyimpangan, keruntuhan dan kehancuran.
Allah Yang Maha Tinggi memberikan karunia kepada orang yang bertaqwa berupa cahaya yang akan menerangi kehidupannya. Orang-orang pun akan mengikuti jejaknya dan meminta bimbingannya. Taqwa kepada Allah menumbuhkan furqan dalam hati.

The Principle of Adult Learning
 Sembilan prinsip pembelajaran :
R             Recency
A             Appropriateness
M            Motivation
P             Primacy
2                     2 – way communication
F              Feedback
A             Active learning
M            Multi-sense learning
E             Exercise
Prinsip tersebut penting untuk menyajikan sesi yang efisien dan efektif.
Urutan diatas tidak menunjukkan urutan prioritas.

R: Recency
“Materi yang dipelajari diakhir sesi akan diingat dengan baik oleh peserta.”
Cara mengaplikasikannya :
(1)     pertahankan setiap sesi pada periode yang pendek, tidak lebih dari 20 menit jika mungkin
(2)     End dari setiap sesi sangatlah penting (terutama untuk menyimpulkan) . Perjelas setiap kata kunci atau pesan kunci
(3)     Pastikan dengan jelas arahan proses pembelajaran ini (jelaskan hubungan tiap sesi)

A: Appropriateness
“Seluruh training, informasi,  alat-alat training dan material lainnya harus cocok bagi keperluan peserta.”
Cara mengaplikasikannya :
·         Trainer seharusnya mengidentifikasi dengan jelas kebutuhan peserta sehingga mengikuti training. Dengan mengidentifikasi ini, trainer harus memastikan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan sesi telah cocok dengan yang dibutuhkan
·         Gunakan deskripsi, contoh atau ilustrasi dimana peserta terbiasa (familiar) dengannya

M: Motivation
“Peserta harus mau untuk belajar, mereka harus siap untuk belajar dan harus ada beberapa alasan untuk belajar”
Trainer akan menemukannya jika peserta memiliki motivasi yang kuat, bahwa mereka akan sangat baik untuk memahami.
Cara mengaplikasikannya :
·         Trainer sekali-kali perlu mengidentifikasi kebutuhan peserta untuk berada dalam pelatihan. Trainer dapat selalu membangun motivasi dengan memberitahu peserta bahwa suatu sesi dapat memberikan apa yang dibutuhkan
·         Tidak hanya peserta saja yang termotivasi, tetapi juga trainer.

P : Primacy
“Hal yang dipelajari peserta pada saat pertama biasanya diingat baik, maka informasi pertama yang diterima peserta dari trainer menjadi sangat penting”
 Maka sangat baik untuk memberikan seluruh kata kunci saat pembukaan sesi.
Cara mengaplikasikannya :
·         Usahakan setiap periode setiap sesi relatif singkat; dua puluh menit kurang lebih
·         Permulaan dari setiap sesi menjadi sangat penting untuk diketahui bahwa sebagian peserta akan memberikan perhatian, maka buatlah permulaan ini menarik dan berikan banyak informasi pada saat ini
·         Usahakan agar peserta tetap memperhatikan arah dari apa yang mereka pelajari

2 : 2-way communication
“Proses training meliputi komunikasi dengan peserta, bukan kepada mereka.”

Setiap jenis presentasi seharusnya menjadi komunikasi dua arah. Ini tidak berarti bahwa seluruh sesi menjadi diskusi, tetapi harus terfasilitasi interaksi antara trainer/fasilitator dengan peserta.

Cara mengaplikasikannya :
·         Bahasa tubuh termasuk dalam komunikasi dua arah: pastikan bahasa tubuh Anda tepat dengan apa yang Anda katakan.
·         Desain sesi Anda sehingga ada interaksi dengan peserta

F : Feedback
“Baik fasilitator dan peserta membutuhkan informasi dari setiap pihak. Fasilitator perlu mengetahui apakah peserta masih mengikuti dan tetap perhatian sedangkan peserta membutuhkan feedback mengenai standar performansi mereka.”
Penghargaan biasanya dibutuhkan dalam feedback. Jika kita memuji peserta (penghargaan) karena melakukan sesuatu dengan benar, kita telah melakukan langkah besar untuk merubah kebiasaan mereka menuju keluaran yang diinginkan. Hati-hati, terlalu banyak negative reinforcements dapat menggagalkan hasil akhir yang diinginkan.
Cara mengaplikasikannya :
·         Trainer perlu melakukan “test” secara berkala mengenai materi
·         Jika peserta melakukan sesuatu dengan benar, beri mereka penghargaan
Obyektif/adil dalam menilai. Jangan hanya terkonsentrasi untuk melihat sisi buruknya saja

A : Active learning
“Peserta lebih maksimal belajar jika mereka mengikuti aktif proses pembelajaran tersebut”
Jika Anda ingin mengajar seseorang untuk menulis laporan, jangan hanya memberitahukan dia tentang bagaimana cara melaksanakannya, biarkan dia untuk mencoba melakukannya.
Hal lain mengenai active learning ini adalah orang dewasa umumnya tidak betah untuk hanya sekedar duduk saja dalam kelas sepanjang hari, maka menggunakan active learning akan membimbing Anda untuk mempertahankan mereka tetap perhatian
Faktor :
·         Gunakan practical exercise dalam materi. Jika memungkinkan coba agar peserta melakukan apa isi materi
·         Quis yang cepat dapat digunakan untuk mempertahankan peserta aktif

M : Multiple-sense learning
“Proses belajar akan jauh lebih efektif jika peserta menggunakan sebanyak mungkin indera mereka
Jika Anda menceritakan rasa suatu sandiwch yang baru, mereka dapat mengingatnya. Jika Anda menunjukkan kepada mereka produknya mereka mungkin akan mengingatnya. Jika Anda membiarkan mereka menyentuh, mencium dan mencicipinya sebaik mungkin, maka tidak ada lagi jalan yang memungkinkan mereka melupakannya.”
Faktor :
·         Libatkan sebanyak mungkin indera peserta untuk belajar
·         Jika menggunakan multiple-sense learning maka pastikan bahwa indera yang dipilih itu dapat digunakan. Pastikan bahwa mereka tidak kesulitan untuk mendengar, melihat atau menyentuh jika Anda meminta mereka melakukan hal tersebut.
I hear and I forget
I see and I remember
I do and I understand

E : Exercise
“Hal yang diulangi akan teringat dengan baik”
Dengan membuat peserta mengulang (ulangan) terhadap informasi yang baru kita meningkatkan kemungkinan mereka untuk mengulang kembali informasi tersebut dimasa mendatang.
Sangat baik jika trainer menemukan cara lain dalam mengulang suatu informasi.
Mungkin trainer dapat berbicara mengenai suatu produk yang baru lalu tunjukkan diagramnya melalui overhead, perlihatkan produk akhirnya lalu izinkan peserta untuk membawanya.
Hukum exercise berarti juga pengulangan kembali.
Faktor :
·         Semakin banyak peserta mengulang sesuatu maka semakin baik mereka mengingatnya
·         Dengan mengajukan pertanyaan secara berkala, maka kita telah melakukan exercise atau overlearning
·         Rangkum secara berkala dengan cara lain suatu pengulangan. Rangkum selalu pada setiap akhir sesi

RESEARCHING a TOPIC

Research dibutuhkan dalam mempersiapkan presentasi. Research topik dibutuhkan minimal karena dua alasan : pertama, untuk menyuplai informasi untuk sesi yang dipresentasikan dan kedua, untuk memberikan researcher beberapa informasi lebih mengenai topik.
Sumber research berikut mungkin dapat digunakan :
·   Perpustakaandapat memberikan banyak informasi.
·   Tulisan ilmiahpada majalah dapat memberikan starting point
·   Specialists. Selain informasi, Anda dapat juga menanyakan sumber informasi (kepustakaan) apa yang  ia rekomendasikan untuk dipelajari
·   Arsip-arsip, pada organisasi Anda dapat memberikan dokumen referensi yang relevan. Dan jika beruntung mungkin Anda menemukan alat bantu pengajaran
·   Relevant trades area kadang-kadang dapat memberikan informasi dalam booklet.

Jika anda telah mengumpulkan informasi, maka mungkin Anda menemukan banyak informasi yang Anda kebingungan bagaimana mempresentasikan itu semua. Solusinya mudah, Anda tidak perlu mempresentasikan semua. Yang perlu Anda lakukan adalah meringkas informasi research Anda kedalam kategori-kategori yang berbeda. Anda akan menyeleksinya menjadi informasi yang harus diketahui peserta.
Learning priorities :
1.       Must Know
2.       Should Know
3.       Could Know

Session plans

Ø  Membantu memastikan apakah proses akan mencapai sasaran
Ø  Membantu mengecek persiapan

Contoh session plans :
Ø  Judul :
Ø  Ditulis oleh :
Ø  Sasaran :
Ø  Waktu :
Ø  Jumlah peserta :
Ø  Tingkatan :
Ø  Peralatan :
Ø  Metode :
Waktu
(menit)
Konteks
(Apa yang disampaikan)
Teknik Training
Aktivitas Peserta
Peralatan
yang dibutuhkan






Catatan : format penulisan sasaran :
Setelah sesi ini, peserta akan mampu untuk :
______________________________ (kata aksi)
______________________________ (kata benda)
______________________________ (kondisi)
______________________________ (standar)

Contoh :
Setelah sesi ini, peserta akan mampu untuk :
Merancang bangun
Bambu-bambu
Diberikan dalam keadaan potongan-potongan besar
Hasil rancang bangun harus kokoh dan membentuk menara

Demonstrating a skill

Tahapan melakukan demonstrasi keahlian :
1. Persiapan :
-    perkirakan kemampuan awal peserta
-    berdiskusi dengan orang yang lebih ahli
-    susun rencana urutan acara demonstrasi
-    Siapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan
-    Persiapkan pembukaan yang baik (membangkitkan ketertarikan peserta)
2. Demonstrasi
                  i.    Demonstrasi dengan kecepatan normal
                ii.    Demonstrasikan lagi lebih lambat
               iii.    Minta peserta menjelaskan urutan instruksinya (verbal)
2.    Peserta mempraktekkan
               iv.    Student practice (min. 50% dari total waktu)
3.    Pengulangan
                 v.    Pengulangan dari peserta
               vi.    Penyimpulan

Methods of instruction

A.    Ceramah
Digunakan pada kondisi :
·         Jumlah peserta sangat banyak
·         Fasilitator mampu menjadi pembicara yang baik dan menarik perhatian peserta
·         Menyampaikan informasi yang tidak terdapat dalam sumber informasi lain
·         Menyimpulkan pokok, terutama yang penting
·         Memperkenalkan sesuatu yang sama sekali baru
Kelemahan :
·         Parameter keberhasilan materi sulit diukur
·         Dapat terjadi distorsi
Dalam metode ceramah usahakan adanya partisipasi peserta dalam diskusi group atau pertanyaaan.

B.    Latihan
Digunakan untuk :
·         Membentuk skill/kecakapan motoris
·         Kecakapan mental
·         Membentuk asosiasi tim
·         Menyetarakan kemampuan dan ketrampilan
·         Meningkatkan kemampuan teknis


Prinsip dasar :
·         Latihan harus memiliki arti yang lebih luas, peserta harus memiliki sikap bahwa latihan itu diperlukan untuk melengkapi belajar
·         Peserta harus dapat mengenali kegagalannya dalam latihan dan diberi kesempatan untuk memperbaikinya
·         Suasana latihan harus menarik motivasi dan melibatkan emosi peserta
·         Tingkat kemampuan yang diterima pada suatu saat tidak harus seragam pada seluruh peserta
Kelemahan :
·         Menghambat bakat dan inisiatif peserta, yaitu jika keseragaman menjadi titik berat
·         Membentuk kebiasaan yang kaku, kalau otak tidak dilibatkan

C.    Tanya Jawab (fasilitator berusaha menanyakan fakta/hal tertentu kepada peserta atau menggali proses pemikiran yang dipakai peserta)
Digunakan pada kondisi :
·         Mengevaluasi materi yang telah disampaikan
·         Menangkap perhatian peserta
·         Memberi kesempatan kepada peserta untuk mengemukakan hal-hal yang belum dimengerti
·         Mengetahui adanya perbedaan pendapat
Tanya jawab jangan menimbulkan masalah baru

D.    Diskusi (Pertanyaan lebih diarahkan untuk merangsang peserta mempergunakan fakta yang lebih kompleks)
Syarat bahan diskusi :
·         Menarik minat peserta
·         Mempunyai kemungkinan jawaban lebih dari satu
·         Tidak mencari jawaban yang benar, tetapi lebih kepada membandingkan jawaban-jawaban yang ada
Kelebihan :
·         Mempertinggi partisipasi individu dan kelompok
·         Merangsang cara berpikir peserta
Kelemahan :
·         Sulit untuk meramalkan arah penyelesaian diskusi
·         Sulit untuk mengatur peserta agar berpikir ilmiah dan sistematis
·         Adanya perbedaan wawasan akan membuat diskusi “tidak seimbang”
Peran fasilitator :
·         Pengatur lalu lintas pembicaraan
·         Mengkondisikan peserta
·         Memberi masukan yang perlu untuk menjaga ketersampaian materi.

E.    Simulasi
Kriterianya :
·         Adaalat simulator
·         Aplikatif
Tujuannya :
·         Berlatih sesuai realita
·         Empati pada keterampilan dan keahlian
Proses pengalaman berstruktur :
1.    Mengalami :
Proses ini selalu dimulai dengan adanya pengalaman dengan melakukan langsung sesuatu kegiatan. Di sini peserta dilibatkan dan bertindak mengikuti suatu pola tertentu. Apa yang akan dilakukan dan dialaminya adalah mengerjakan, mengamati, melihat atau mengatakan sesuatu. Pengalaman inilah yang menjadi titik tolak proses selanjutnya
2.    Mengungkapkan
Yang penting bagi peserta adalah mengungkapkan dengan menyatakan kembali apa yang sudah dialaminya dan tanggapan atau kesan mereka atas pengalaman tersebut, termasuk pengalaman rekan-rekannya sesama peserta
3.    Mengolah
Peserta kemudian mengkaji semua ungkapan pengalaman tersebut, pengalamannya sendiri atau rekan-rekannya, kemudian mengkaitkannya dengan pengalaman lain yang mungkin mengandung ajaran atau makna yang serupa

4.    Menyimpulkan
Adalah mengembangkan atau merumuskan prinsip-prinsip berupa kesimpulan umum dari pengalaman tadi. Mencangkup juga perincian dan penjelasan
5.    Menterapkan
Yaitu mempergunakan dan menguji penemuan baru dalam perilaku yang sesungguhnya. Inilah bagian yang bersifat “eksperimental” dalam model ini. Penerapan ini akan menjadi suatu penga-laman tersendiri pula dan dengan pengalaman baru tersebut, daur proses ini pun dimulai lagi.

F.    Game
Kriterianya :
·         Adaalat dan aturan main
·         Adapersaingan
·         Kelompok-kelompok kecil
·         Adaeksplorasi
Tujuannya :
·         Memodelkan kondisi riil
·         Menambah motivasi
·         Mencapai kekompakan


G.    Role Play
Kriteria :
·         Adapembagian tugas
·         Adascenario
·         Adapenilaian
Tujuan :
·         Praktek kondisi riil
·         Berakting
·         Aktualisasi potensi

H.    Studi Kasus
Kriteria :
·         Adakasus riil
·         Butuh pemikiran/ide
·         Kelompok/individu
Tujuan :
·         Mendekati dan memecahkan masalah
·         Menyamakan persepsi
·         Melatih terampil

I.      Brainstorming
Kriteria :
·         Kelompok/forum
·         Ide beragam
·         Semua ide ditampung
Tujuan :
·         Mencari alternatif
·         Mencipta keterbukaan
·         Memecahkan masalah

J.    Ice Breakers
Kriteria :
·         Unique
·         Menarik
Tujuan :
·         Refreshing
·         Key words

K.    Demonstrasi (memberi contoh) dan Observasi (mengamati)
Observasi tidak selalu harus diiringi demonstrasi. Peserta dapat diarahkan untuk melakukan observasi terhadap kenyataan lain di sekitarnya.
Keuntungan :
·         Perhatian peserta dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting saja
·         Mengurangi kesalahan jika dibandingkan sekedar membaca dari literature
·         Memperkaya pengalaman praktek
·         Pertanyaan yang timbul dari diri peserta dapat segera terjawab
Kelemahan :
·         Proses/contoh yang diberikan bisa saja tidak teramati dengan baik
·         Kurang efektif bila tidak diikuti dengan aktivitas peserta secara psiko-motorik
·         Tidak semua hal dapat didemonstrasikan
·         Demonstrasi yang sifatnya simulasi dari keadaan sebenarnya dapat menimbulkan distorsi
Perhatikan :
·         Peserta dapat mengamati apa saja dan menarik kesimpulan yang berbeda. Oleh karena itu perlu adanya penilaian yang jelas terhadap sesuatu yang penting dan tidak penting
·         Untuk kasus tertentu, sangat baik apabila peserta mengetahui dangan jelas tujuan observasi dan mendiskusikan langkah-langkah yang perlu untuk mencapai tujuan tersebut.
·         Membandingkan observasi satu sama lain akan mempertajam kesimpulan yang diambil

L.    Tugas (Resistasi)
Digunakan untuk :
·         Melatih peserta (individu/kelompok) dengan kemampuan/skill tertentu
·         Mengevaluasi materi yang telah disampaikan sebelumnya
·         Mengkondisikan peserta untuk menerima materi selanjutnya
Kelebihan :
·         Menggali potensi individu dan kelompok
·         Parameter keberhasilan dapat diukur dengan mudah
Kelemahan :
·         Cenderung diabaikan jika dianggap tidak penting/menarik, karena itu beberapa organisasi menggunakan mekanisme hukuman untuk tugas ini, tetapi metode yang menimbulkan ketegangan emosional atau frustasi perlu diteliti apakah memberikan daya guna terhadap proses pembinaan atau justru memberi hasil negatif
·         Perlu waktu untuk mengevaluasi tugas -> fasilitator harus serius

M.   Membaca (buku, materi)
Digunakan untuk :
·         Mempersiapkan peserta untuk mengikuti materi, diskusi
·         Sebagai pengganti /melengkapi ceramah jika kiranya ceramah kurang efektif untuk dilaksanakan
Kelebihan :
·         Kemungkinan distorsi dari komunikasi audio dapat diperkecil
Kelemahan :
·         Jika materi bacaan terlalu banyak, peserta dapat malas untuk membacanya


·         Sistimatika bacaan akan mempengaruhi efektifitas diterimanya informasi oleh peserta
·         Jika yang dibaca itu buku yang tidak dimiliki umum oleh peserta, ini akan menimbulkan masalah

N.    Field trips
Berikan peserta beberapa tugas atau observasi yang harus dilakukan selama perjalanan

O.    Kuesioner
Digunakan untuk :
·         Memberikan penilaian terhadap kondisi peserta
·         Mengkondisikan peserta untuk memikirkan hal-hal tertentu


Training aids


We learn :
1% throught taste
1.5% throught touch
3.5% throught smell
11% throught hearing
83% throught sight


We remember :
10% of what we read
20% of what we hear
30% of what we see
50% of what we see and hear
80% of what we say
90% of what we say and do

Training aids adalah alat yang dapat digunakan trainer, dengan ataupun tanpa penjelasan, yang memfasilitasi students dalam belajar.
Tipe-tipe training aids :
1.    Overhead projector
2.    Video
3.    Whitboards
4.    Chalkboards
5.    Feltboards
6.    Magnetic boards
7.    Charts and posters
8.    Handout (jangan memberikan handout di awal)




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 12.33 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar