Berbagi Informasi Tentang dunia Blog, Ilmu Bahasa, Olah Raga, Entertainment, Kehidupan dan Lain-Lain Sebagainya.

KETERAMPILAN HIDUP DI ALAM BEBAS

KETERAMPILAN HIDUP DI ALAM BEBAS


Empat Kemampuan Bagi Penggiat di Alam Terbuka
KETERAMPILAN HIDUP DI ALAM BEBAS - Collin Mortlock, seorang pakar pendidikan alam terbuka, mengkategorikan kemampuan yang diperlukan oleh para penggiat alam terbuka sebagai berikut :
1. Kemampuan teknis
Yang berhubungan dengan ritme dan keseimbangan gerakan serta efisiensi penggunaan perlengkapan
  1. Kemampuan kebugaran
Mencakup kebugaran spesifik yang dibutuhkan untuk kegiatan tertentu, kebugaran jantung dan sirkulasinya, serta kemampuan pengkondisian tubuh terhadap tekanan lingkungan alam.
  1. Kemampuan kemanusiawian
Yaitu pengembangan sikap positif ke segala aspek untuk meningkatkan kemampuan. Hal ini mencakup determinasi (kemauan), percaya diri, kesabaran, konsentrasi, analisa diri, kemandirian, serta kemampuan untuk memimpin dan dipimpin.
  1. Kemampuan pemahaman lingkungan
Yaitu pengembangan kewaspadaan terhadap bahaya dari lingkungan yang spesifik.

Konsep keempat kemampuan itu mungkin lebih sederhana kalau kita kaitkan langsung dengan kegiatan kita mempersiapkan diri untuk melakukan kegiatan di alam terbuka.

Tahapan perencanaan perjalanan adalah sebagai berikut :
Pertama,
Kita harus dibekali dengan kemampuan untuk memilih, mengatur, serta menggunakan perlengkapan dan perbekalan ; kemampuan teknis menggunakan alat bantu perjalanan, seperti peta dan kompas; kemampuan berkemah (camp craft) seperti berbivak dan membuat api. Penguasaan keterampilan ini akan membantu kita mengatur teknik berjalan di gunung hutan, menebas dengan efektif, maupun mengatur konsumsi makan dan minum.
..
Kedua,
Diperlukan kemampuan fisik yang baik, sehingga selain diperlukan kondisi tubuh yang sehat, juga diperlukan latihan fisik yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya untuk pendakian gunung, latihan fisik naik turun bukit dapat dilakukan dalam persiapan perjalanan, selain itu juga latihan mengangkat beban (ransel).
..

Ketiga,
Diperlukan mental yang siap untuk menghadapi kegiatan berat di alam. Hal ini tidak dapat diajarkan oleh pelatih, namun harus ditumbuhkan dari dalam diri sendiri. Penguasaan yang baik pada tiga keterampilan lainnya akan sangat membantu.
..
Keempat,
Diperlukan pemahaman yang baik terhadap kondisi alam yang akan dihadapi dan mencakup bagaimana memilih waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan – dihubungkan dengan lokasi, musim, serta pengetahuan lingkungan medanyang akan ditempuh – dan bagaimana cara mengantisipasi kesulitan yang mungkin terjadi. Untuk perjalanan gunung hutan tropis misalnya, kita harus siap menghadapi dingin, basah maupun pacet.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 22.42 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar